perkembangan dunia tas

perkembangan-dunia-tas
gambar tas dari batam

Tas Batam  Jika kita berbicara tentang suatu produk pastilah setiap produk yang sekarang ini ada dudunia dan mungkin salah satunya adalah yang kita gunakan itu mempunya sejarah dan perkemabanganya mamsing-masing dan hal itu tidak terkecuali terhdap Tas.
Menoba melihat jauh kebelakang mungkin saja kelahiran sebuah tas ini bermula dari jaman prasejarah,karena bila kita tengok dari sisi fungsinya yang memudahkan manusia untuk membawa sesuatu maka besar kemungkinan Tas juga sudah dikelan sejak jaman pra sejarah tersebut,hanya saja mungkin saat itu manusia belum menyebutnya sebagi tas,karena bukti sejarah juga menyebutkan bahwa untuk memfasilitasi seseorang dalam membawa sesutu ini dikenal juga yang namanya kantong.
Sesuai dengan kodrat manusia yang selalu mengalami perkembangan baik dari sisi moral dan peradabanya tentunya hal ini juga memberikan pengaruh terhadap tingkat kemajuan suatu produk terutama adalah tas.
Bisa saja dijaman prasejarah dulu tas dibuat dengan bahan dasar kulit kayu karena jaman itu kemajuan teknologi manusia belum mencapai taraf penyempurnaan dan masih dalam perkembangan sesuai dengan kemampuan berfikir manusia saat itu.
Dalam suatu artikel yang pernah kami baca sejarah perkembangan dunia tas ini bermula pada abad ke-14 dimana bahan yang digunakan untuk membuat tas mengalami pengembangan dari yang sebelumnya kulit dan kayu, menjadi kain, vinyl, dan kulit sintetis. Kenapa kulit sintetis digunakan untuk membuat tas? karena bahan tersebut dapat menjadi alternatif pengganti kulit asli ketika bahan kulit asli sedang habis.
Ada juga yang menyebutkan bahwa Tas yang terbuat dari kertas juga digunakan orang Cina pada masa Dinasti Tang, mereka menggunakan tas itu untuk menyimpan benda halus seperti bubuk teh atau menyimpan benda ringan lainnya.

Pada abad ke-14 ini pula tas digunakan untuk menyimpan benda berharga, seperti jam, kitab, dan perhiasan lainnya. Pada masa ini rata-rata tas memiliki tali yang panjang serta digantungkan pada korset. Panjang tali tas pada masa itu disesuaikan pada gaya hidup pemakainya. Kaum perempuan pada abad itu menyukai gaya tali yang disebut "tasques"
Berbeda dengan apa yang adadi china pada jaman dinasti tang tersebut karena di Mesir kebanyakan saat awal-awal abad ke 14 itu masyarakat menggunakan tas dengan jenis tas pinggang dimana mereka mengaitkan tas tersebut dengan pinggang mereka dalam membawanya setiap digunakan.
Ada nilai tersendiri pada masyarakat mesir kala itu ketika seseorang menggunakan tas dengan bermacam teknik sulaman yang kabarnya berdasarkan model serta motif sulaman ini seseorang dapat dikenali dari strata sosial apa dia ada.
Melangkah kedepan yakni pada 100 tahun setelah abad ke 14 yakni pada era abad ke 15 dimana pada jaman itu lahirlah sebuah jenis tas yangterkenal pada masa itu dengan nama The Seal Bag.
Kemudian melangkah jauh kedepan yakni Pada abad ke-16 mulailah dibuat yang namanya handbag,Hand bag dibuat untuk keperluan sehari-hari. Handbag pada saat itu terbuat dari bahan kulit dengan tambahan kancing pengikat dibagian atasnya. Pada masa ini tas travel diciptakan lebih besar dari biasanya dan dipergunakan oleh para travel dalam posisi menyilang.
Kemudian disusul tingkat perkembangan selanjutnya adalah Pada abad ke-17 dimana perkembangan dunia tas menjadi lebih bervariasi, model yang terkenal pada masa ini adalah tas kecil yang dibawa pada beragam kesempatan. Para wanita membuat sulaman tas yang sangat cantik dan unik, biasanya ini dikhususkan untuk pernikahan mereka.
Perkembangan dunia fashion tas ini tidak berhenti sampai disitu saja karena Pada abad ke-18 seiring dengan penemuan kereta uap dan perkembangan tren busana neo-classical, membuat jenis tas baru ini muncul dimana tas tangan menjadi lebih berkembang bukan hanya sebagai pembawa barang tapi juga membawa aksesoris kecantikan bagi para wanita. Selain Tas pada abad ini juga ditemukan koper yang digunakan untuk berpergian.

Kemudian Pada abad ke-19 penggunaan kata handbag mulai ditujukan pada tas yang dibawa dengan cara dijinjing dan biasanya dibawa oleh pria. Hal ini merupakan cikal bakal dan inspirasi untuk tas yang akhirnya populer dikalangan wanita. Tepatnya pada tahun 1920 yang menunjukkan revolusi tas dalam dunia fashion, dimana penggunaan tas tidak harus selalu sesuai dengan pakaian yang dipakai.

Nah sekiranya itulah sedikit cerita tentang Proses perkembangan Sejarah Tas yang ada didunia sampai pada akhirnya seperti yang dapat kita saksikan saat ini,dengan tumbuhnya nilai kratifitas manusia yang semakin modern maka berbagai jenis dan model saat ini tersedia dipasaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mudah Merajut Tas Sendiri

Tips Membedakan Tas Gucci Asli Dan Palsu

Bagaimana Cara Membedakan Tas Branded Asli Dengan Tas Branded Palsu